Jurnal Ideologi dan Konstitusi
Vol 5 No 1 (2025): Jikons

PENERAPAN TECHNOLOGIAL, PEDGOGICAL, CONTENT KNOWLEDGE DALAM PEMBELAJARAN PPKn

Ulhasna, Nisa (Unknown)
Indrawadi, Junaidi (Unknown)
Ananda, Azwar (Unknown)
Fatmariza, Fatmariza (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana Penerapan Technological, Pedagogical, Content Knowledge dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 15 Padang. Deskripsi tersebut terkait dengan bagaimana Penerapan Technological, Pedagogical, Content Knowledge dalam pembelajaran PPKn serta kendala yang dihadapi guru PPKn dalam penerapan TPACK tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada tahap validasi data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Technological Pedagogical, Content Knowledge mengacu pada indikator Technological Knowledge, Pedagogical Knowledge serta Content Knowledge. Selanjutnya kendala yang dihadapi guru PPKn dalam penerapan TPACK yaitu penguasaan guru terhadap teknologi yang perlu ditingkakan dan jaringan internet yang kurang stabil serta kondisi peserta didik dalam belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIKONS

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ideologi dan Konstitusi merupakan media penyebarluasan hasil penelitian, kajian konseptual, dan gagasan mengenai ideologi, filsafat, konstitusi dan ketatanegraan diseluruh belahan dunia. Jurnal Ideologi dan Konstitusi diterbitkan 2 kali ...