Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi dan mendalami penggunaan teknologi informasi dalam pendidikan dan pembelajaran keagamaan di sekolah dan dampaknya pada peningkatan pengetahuan dan tingkat motivasi siswa dalam belajar keagamaan. Pendekatan kualitatif dedeskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan partsipan para guru dan siswa Sekolah Menengah Atas di kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumen. Temuan penelitian ini menjelaskan bahwa Pemanfaatan teknologi informasi, seperti pembelajaran daring, web dan media sosial dalam pembelajaran keagaamaan memberikan dampak positif terhadap pengembangan wawasan terhadap materi belajar siswa yang lebih luas, meningkatkan pengetahuan siswa terhadap materi keagamaan serta motivasi dalam belajar. Penelitian ini merekomendasikan bahwa penggunaan teknologi informasi menjadi sangat penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran, mengembangkan pengetahuan dan motivasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu didukung oleh kemampuan dan keterampilan guru dalam mengPemanfaatankan teknologi dalam pembelajaran serta pengembangan infrastruktur teknologi di sekolah guna mendukung kegiatan pembelajaran keagamaan berbasis teknologi informasi.
Copyrights © 2025