Penelitian ini bertujuan untuk mengukur monitoring evaluasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Lubuk Pakam, menilai efektivitas dan tantangan, serta dampaknya pada kualitas pendidikan.Penelitian ini menggunakan studi kasus kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data berasal dari rubrik dokumen, observasi, dan wawancara dengan kepala sekolah, pengawas sekolah, guru, dan siswa. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian, dan verifikasi untuk mendapatkan gambaran objektif mengenai Monitoring Evaluasi kurikulum. Penelitian ini mengkaji metode Monitoring Evaluasi Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Lubuk Pakam selama setahun, mencakup observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Fokus utama penelitian mengetahui efektivitas Monitoring Evaluasi dalam implementasi kurikulum merdeka. Hasilnya menunjukkan pendekatan monev efektif dan peningkatan kualitas pembelajaran melalui evaluasi terstruktur dan berkelanjutan.Penelitian menunjukkan bahwa SMPN 1 Lubuk Pakam telah sukses menerapkan Kurikulum Merdeka melalui Monitoring Evaluasi terstruktur. Pendekatan komprehensif, penggunaan berbagai instrumen, dan keterlibatan seluruh pihak, hasil positif dalam penciptaan lingkungan belajar fleksibel dan berpusat pada siswa tercapai. Namun, penguatan kapasitas guru, pemanfaatan teknologi, dan kolaborasi perlu ditingkatkan.
Copyrights © 2025