Nusantara Journal of Multidisciplinary Science
Vol. 2 No. 12 (2025): NJMS - Juli 2025

Teori Belajar, Pendekatan, Model Dan Strategi Pembelajaran PAI

Masyithah (Unknown)
Muhammad Haikal (Unknown)
M. Fadli (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2025

Abstract

Tulisan ini membahas pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT), yang menjadi tuntutan dalam era digital. Pembelajaran PAI tidak hanya bertujuan menyampaikan materi keislaman secara kognitif, tetapi juga membentuk karakter, sikap spiritual, dan keterampilan peserta didik. Untuk itu, pemahaman tentang teori belajar, pendekatan, model, dan strategi pembelajaran yang tepat menjadi hal krusial. Kajian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi literatur. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa teori kognitivisme, humanistik, behavioristik, dan konstruktivisme menjadi landasan utama dalam pembelajaran PAI. Pendekatan kontekstual, saintifik, dan multikultural relevan untuk diterapkan, sementara model kooperatif, problem-based learning, dan inquiry learning efektif dalam pembelajaran berbasis ICT. Strategi seperti ceramah interaktif, storytelling, project-based learning, dan role playing mampu memperkaya proses pembelajaran secara holistik. Integrasi pedagogi dan teknologi memungkinkan PAI disampaikan secara menarik, bermakna, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

njms

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Nusantara Journal of Multidisciplinary Science (NJMS) adalah jurnal yang prestisius untuk eksplorasi ilmiah di persilangan berbagai disiplin. NJMS berperan sebagai pusat intelektual yang mendorong dialog dan kolaborasi mendalam di berbagai bidang pengetahuan. Dengan proses review yang ketat, NJMS ...