Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan literasi peserta didik melalui peran perpustakaan. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2024/2025. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perpustakaan Harun Al Rasyid memiliki peran strategis, holistik, dan multifungsi dalam mendukung peningkatan literasi peserta didik. Peran perpustakaan tidak hanya sebatas penyedia sumber informasi, namun juga sebagai pusat pembelajaran, pengembangan karakter, dan penguat budaya literasi yang inklusif. 2) Tingkat literasi peserta didik secara umum berada pada kategori sedang hingga baik, dengan kekuatan utama pada aspek mengakses informasi, meskipun masih diperlukan peningkatan dalam aspek pengolahan dan produksi informasi. 3) Dampak peran perpustakaan terlihat dalam peningkatan kemampuan literasi membaca, menulis, dan digital siswa, serta mendorong prestasi akademik Penghargaan Sekolah Aktif Literasi Nasional tahun 2025, Prestasi Kompetisi Literasi dan Ilmiah (Juara 3 Gemnas Scientific Competition 2024 dan Medali Emas di International Science and Invention Fair (ISIF) 2024), penghargaan National Science Fair for Indonesian Adolescents (NASFIA) 2024 di Tingkat ASEAN, juara karya ilmiah tingkat Kabupaten, finalis lomba literasi digital dan esai nasional serta diterima di berbagai perguruan tinggi negeri ternama melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2025. Dengan demikian, Perpustakaan Harun Al Rasyid terbukti memiliki kontribusi nyata dalam membentuk peserta didik yang literat, kritis, dan berdaya saing tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025