Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 4 Nomor 1 (Juli 2025 -

Pengaruh Customer Cost dan Kenyamanan terhadap Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Pantai: Penelitian

Jeny Triani Putri (Unknown)
Tamam Tamam (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer cost dan kenyamanan terhadap kepuasan pengunjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 130 responden yang telah mengunjungi objek wisata tersebut. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda menggunakan bantuan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer cost berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Kenyamanan juga terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Secara simultan, kedua variabel tersebut juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Temuan ini mengindikasikan pentingnya pengelolaan biaya yang dikeluarkan oleh pengunjung serta peningkatan kualitas kenyamanan dalam menciptakan pengalaman wisata yang positif. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi acuan strategis bagi pengelola dalam meningkatkan kualitas layanan serta menciptakan pengalaman wisata yang lebih memuaskan dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...