EDUCAZIONE: Jurnal Multidisiplin
Vol. 2 No. 1 (2025): EDUCAZIONE (AGUSTUS) 2025

Analisis Sintaksis Bahasa Indonesia Dalam Konteks Penulisan Di Media Sosial (Tiktok)

Alwisa, Hastika (Unknown)
Aulia, Silvia (Unknown)
Novi Safitri, Elsa (Unknown)
Ramadhani, Suci (Unknown)
Hana Pebriana, Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Perkembangan media sosial telah mengubah cara masyarakat berkomunikasi, termasuk dalam penggunaan bahasa Indonesia. TikTok, sebagai platform berbasis video pendek, menjadi ruang interaksi yang tidak hanya bersifat visual tetapi juga linguistik, terutama melalui penulisan caption, komentar, dan teks visual. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk sintaksis dalam penulisan bahasa Indonesia di TikTok, yang kerap menyimpang dari struktur kalimat baku. Dengan pendekatan deskriptif-kualitatif dan kerangka sosiolinguistik, penelitian ini menemukan bahwa pengguna TikTok sering menggunakan kalimat eliptis, fragmentaris, dan ekspresif yang tidak mengikuti pola Subjek-Predikat-Objek-Keterangan (SPOK). Fenomena ini tidak dapat serta-merta dianggap sebagai kesalahan, melainkan sebagai bentuk adaptasi terhadap konteks komunikasi digital yang cepat, ringkas, dan berbasis emosi. Temuan ini menunjukkan bahwa media sosial memiliki peran penting dalam membentuk gaya penulisan baru yang mencerminkan dinamika sosial-budaya masyarakat digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educazione

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Dentistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

EDUCAZIONE: Jurnal Multidisiplin is a journal managed by ULembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Yayasan Almahmudi bin Dahlan which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT ...