Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan
Vol 9, No 1 (2025)

Desain Dan Uji Coba E-Modul Berbasis STREAM Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Hasil Belajar

rahmi, nur (Unknown)
Afrianis, Neti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran pada materi ikatan kimia, dimana hanya berfokus pada buku paket sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain sebuah media pembelajaran berupa e-modul berbasis STREAM serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari e-modul. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis uji t, normalitas dan homogenitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, angket dan tes. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kepenuhan di kelas X1. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 84% dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 79% dengan kategori valid, hasil uji praktikalitas guru diperoleh persentase sebesar 95% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji praktikalitas respon siswa diperoleh persentase sebesar 88,33% dengan kategori sangat praktis. Adapun hasil belajar dari hasil uji-t diperoleh hasil sebesar 0.000 < 0.005 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan setelah menggunakan E-modul. Dari hasil validasi dan praktikalitas yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis Science, Technology, Religious, Engineering, Art And Mathematic (STREAM) pada materi ikatan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

konfigurasi

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Konfigurasi Membahas tentang pengembangan model / media pendidikan dan menerapkan hasil penelitian laboratorium di bidang pengembangan pendidikan kimia yang terintegrasi dengan konsep ...