Penelitian tentang pengelolaan ekstrakurikuler paskibra di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta penting dilakukan mengingat peran penting pendidikan karakter, khususnya kedisiplinan, dalam pembentukan pribadi siswa yang unggul. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengelolaan ekstrakurikuler paskibra dapat membantu siswa Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta menjadi lebih disipliner. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan tinjauan dokumen. Data dianalisis menggunakan teknik pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta memastikan keabsahan data melalui triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan ekstrakurikuler paskibra telah dilakukan dengan baik melalui tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Dengan demikian, pengelolaan ekstrakurikuler paskibra di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta terbukti efektif dalam membina kedisiplinan siswa, khususnya dalam hal disiplin waktu dan disiplin belajar, yang merupakan komponen penting dalam pengembangan karakter siswa di era pendidikan saat ini.
Copyrights © 2025