Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 8 No. 02 (2025): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Article On Progress)

PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN METODE UMMI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Manaafi, Raden Afwah Dimas (Unknown)
Marhamah, Marhamah (Unknown)
Al Farisi, Salman (Unknown)
Ratandari, Luluk Dwi (Unknown)
Sauri, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hasil belajar siswa yang tidak mencapai target dalam pembelajaran al-Qur'an. Kegiatan pembelajaran melibatkan banyak hal, seperti guru, siswa, tujuan pembelajaran, isi pelajaran, metode pembelajaran, media, dan evaluasi. Salah satu tujuan pembelajaran adalah agar siswa memperoleh hasil belajar yang baik dan positif setelah kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kompetensi guru dan metode ummi terhadap hasil belajar siswa di SDI Ar-Riyadh Insan Cendekia Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi mencapai 104 siswa dari kelas 5 & 6. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 83 siswa dari populasi terjangkau. Teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling. Hasil penelitian adalah: 1) Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, pengaruh sebesar 43,8%, 2) Metode ummi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, pengaruh sebesar 5,1%, 3) Kompetensi guru dan metode ummi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, pengaruh sebesar 52%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education

Description

Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi ...