ABSTRAK Perkembangan teknologi informasi, khususnya kecerdasan buatan (AI), memberikan tantangan baru bagi mahasiswa dalam beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Kegiatan pengabdian masyaradkat ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterampilan yang diperlukan mahasiswa untuk memanfaatkan potensi AI di masa depan. Metode PAR dipilih untuk kegiatan pengabdian masyarakat ini karena memungkinkan kolaborasi yang lebih mendalam sehingga dapat menciptakan pemahaman yang lebih baik mengenai keterampilan yang diperlukan untuk beradaptasi dengan potensi kecerdasan buatan (AI) di masa depan. Kegiatan ini mengacu pada prinsip-prinsip pendidikan partisipatif, yang menekankan pentingnya keterlibatan aktif peserta dalam proses belajar. Kegiatan sosialisasi dilakukan melalui platform Zoom, di mana mahasiswa berperan sebagai peserta aktif. Dalam kegiatan ini diuraikan berbagai keterampilan, seperti pemahaman teknis, kreativitas, dan keterampilan interpersonal, yang perlu dikembangkan. Permasalahan utama yang dihadapi mahasiswa mencakup kurangnya pemahaman tentang teknologi AI, kesenjangan dalam pendidikan formal, dan akses yang terbatas terhadap sumber daya. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum yang relevan dan efektif, serta meningkatkan kesiapan mahasiswa untuk menghadapi tantangan di dunia kerja yang berbasis teknologi. Kata Kunci: keterampilan mahasiswa, kecerdasan buatan, pendidikan, adaptasi, teknologi, kompetisi. ABSTRACT The development of information technology, especially artificial intelligence (AI), presents new challenges for students in adapting to the changes that occur. This community service activity aims to explore the skills needed by students to harness the potential of AI in the future. The PAR method was chosen for this community service activity because it allows for deeper collaboration, thereby creating a better understanding of the skills required to adapt to the potential of artificial intelligence (AI) in the future. This activity refers to the principles of participatory education, which emphasizes the importance of active participant involvement in the learning process. The socialization activities are conducted through the Zoom platform, where students play the role of active participants. In this activity, various skills are outlined, such as technical understanding, creativity, and interpersonal skills, that need to be developed. The main issues faced by students include a lack of understanding of AI technology, gaps in formal education, and limited access to resources. This activity is expected to contribute to the development of a relevant and effective curriculum, as well as enhance students' readiness to face challenges in a technology-based work environment. Keywords: student skills, artificial intelligence, education, adaptation, technology, competition.
Copyrights © 2025