TARLING Journal of Language Education
Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Tarling Vol 1 No. 1 Tahun 2017

تعليم اللغة العربية في كامبونج عرب كبومين (درسة في المادة والطريقة)

MUHDI, ALI (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2017

Abstract

Adapun pembelajaran Bahasa Arab di Kampung Arab ini, memiliki tujuan khusus untuk menghasilkan alumni peserta didik yang mampu berkomunikasi secara aktif dalam kehidupan sehari hari dengan menggunakan bahasa Arab, baik dengan percakapan ‘amiyah (harian) maupun percakapan fushha (standar). Mereka diharapkan dapat mempraktekkan percakapan bahasa Arab yang mereka kuasai dimanapun mereka berada, saat di rumah, sekolah, toko, pasar, bandara, hotel, stasiun, terminal, tempat wisata, dan lain-lainnya.Materi-materi yang diajarkan mudah diterapkan (applicatived) dan aktual bagi peserta didik, sebab materi tersebut dapat langsung digunakan dan dipraktekkan secara sesuai dengan konteks kehidupan kita sehari-hari. Ada materi percakapan tematik tentang makanan, minuman, perkenalan, ucapan-ucapan selamat, bilangan, hitungan, jam, hari, bulan, dan lainnya, ditambah materi tempat (makany) seperti percakapan di rumah, di sekolah, di kantor, di toko, di pasar, di rumah sakit, di terminal, hingga materi di bandara, hotel, kemudian ada percakapan di kota Makkah-Madinah saat ibadah haji dan umrohMelalui perpaduan dan variasi metode yang digunakan mulai dari metode reading aloud (membaca keras), metode tikrar, Metode Istima’, metode muhadasah, metode insya’, metode tanya jawab, metode mujadalah (diskusi), metode bernyanyi, metode muhadlarah (ceramah atau pidato), metode masrahiyyah (drama), hingga metode membaca puisi. Semua itu merupakan kreatifitas pembelajaran yang dapat membangkitkan minat peserta didik untuk aktif dalam mengikuti proses pembelajaran di Kampung Arab Kebumen, dengan suasana hati yang menyenangkan dan mudah diterima oleh mereka.Kata kunci: Tujuan, Materi, dan Metode.

Copyrights © 2017