Hasil belajar merupakan sesuatu yang penting sebagai tolok ukur perubahan siswa setelah pembelajaran yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Namun, hasil belajar siswa masih tergolong rendah karena kurangnya kemampuan membangun pengetahuan sendiri dan rendahnya semangat belajar akibat metode pembelajaran yang masih konvensional. Penggunaan model pembelajaran yang tepat, seperti discovery learning, dapat meningkatkan hasil belajar dengan mendorong keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa terhadap penerapan model discovery learning pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 13 Surabaya Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang dibuktikan dengan hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,45 dengan kategori “Sedang” dan juga perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dengan nilai signifikansi 0,000, di mana nilai 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup.
Copyrights © 2025