Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan siswa dalam memahami konsep matematis pada materi relasi dan fungsi berdasarkan pendekatan Prosedur Newman. Penelitian dilakukan di SMP Widya Nusantara dengan subjek tiga siswa kelas VIII yang dipilih berdasarkan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui 5 soal tes uraian materi relasi dan fungsi berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis serta wawancara tak terstruktur untuk memperkuat hasil temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mengalami kesulitan pada tahap comprehension. Siswa dengan kemampuan sedang mengalami kesulitan pada tahap reading, encoding, dan comprehension, sedangkan siswa dengan kemampuan rendah mengalami kesulitan yang lebih kompleks, yaitu pada tahap comprehension, encoding, process skills, dan transformation. Tahap comprehension merupakan kesulitan yang paling dominan dialami oleh seluruh kategori siswa, dengan indikator soal memberikan pernyataan yang tepat dan tidak tepat berdasarkan konsep. Temuan ini menekankan pentingnya penguatan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika.
Copyrights © 2025