Griya Journal of Mathematics Education and Application
Vol. 5 No. 3 (2025): September 2025

Pendekatan Prosedur Newman dalam Menganalisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Relasi dan Fungsi

Faizah, Nurul (Unknown)
Ramlah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan siswa dalam memahami konsep matematis pada materi relasi dan fungsi berdasarkan pendekatan Prosedur Newman. Penelitian dilakukan di SMP Widya Nusantara dengan subjek tiga siswa kelas VIII yang dipilih berdasarkan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui 5 soal tes uraian materi relasi dan fungsi berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis serta wawancara tak terstruktur untuk memperkuat hasil temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mengalami kesulitan pada tahap comprehension. Siswa dengan kemampuan sedang mengalami kesulitan pada tahap reading, encoding, dan comprehension, sedangkan siswa dengan kemampuan rendah mengalami kesulitan yang lebih kompleks, yaitu pada tahap comprehension, encoding, process skills, dan transformation. Tahap comprehension merupakan kesulitan yang paling dominan dialami oleh seluruh kategori siswa, dengan indikator soal memberikan pernyataan yang tepat dan tidak tepat berdasarkan konsep. Temuan ini menekankan pentingnya penguatan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Griya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Griya Journal of Mathematics Education and Application adalah Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika yang dikelola oleh Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Mataram. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal ini adalah artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian, review artikel maupun ...