SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling
Vol 10, No 1 (2025): SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling

Pengembangan bahan ajar akuntansi berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi yang dimoderasi motivasi belajar siswa

Nst, Khoirunnisa (Unknown)
Nugrahadi, Eko Wahyu (Unknown)
Hutasuhut, Saidun (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta efektivitas bahan ajar akuntansi berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dimoderasi oleh motivasi belajar siswa pada materi jurnal penyesuaian di kelas XII IPS Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darut Tarbiyah Islamiyah Jambur Padang Matinggi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) sebagai kerangka pengembangan bahan ajar. Sampel penelitian terdiri atas 60 siswa, masing-masing 30 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, soal pre-test dan post-test, wawancara, serta observasi. Teknik analisis data meliputi: uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), serta uji hipotesis (uji kelayakan, efektivitas, dan interaksi). Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar dinyatakan layak dengan skor dari ahli materi (3,93), ahli media (4,40), ahli desain pembelajaran (3,88), tanggapan guru (4,50), serta hasil uji coba perorangan (4,16), kelompok kecil (4,17), dan lapangan (4,24). Secara statistik, rata-rata nilai siswa pada kelas eksperimen adalah 83,89, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 77, dengan signifikansi (p) = 0,002. Nilai effect size sebesar 1,32 menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki dampak besar terhadap peningkatan hasil belajar. Selain itu, terdapat interaksi signifikan antara penggunaan bahan ajar berbasis PBL dan tingkat motivasi belajar siswa, di mana siswa dengan motivasi tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih optimal. Dengan demikian, bahan ajar berbasis PBL yang dikembangkan tidak hanya layak dan efektif, tetapi juga responsif terhadap perbedaan karakteristik siswa. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran akuntansi di tingkat Madrasah Aliyah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

schoulid

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Social Sciences

Description

SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling (ISSN-elektronict: 2548-3226 and ISSN-print: 2548-3234) first published in December 2016 is a peer-reviewed scientific International open access journal. The journal previously published by Indonesian Counselor Association and from Volume 2 issue 2 ...