Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas kurikulum bahasa Arab berbasis Multiple Intelligences di Markaz Arabiyah. Teori Howard Gardner yang mengemukakan delapan jenis kecerdasan dijadikan dasar pendekatan untuk mengakomodasi keragaman peserta didik. Penelitian menggunakan metode R\&D model ADDIE yang dilaksanakan selama satu tahun akademik, melibatkan 120 peserta didik dan 15 pengajar melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan tes, lalu dianalisis secara mixed-method. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan bahasa Arab sebesar 27,8% pada aspek menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Selain itu, motivasi belajar meningkat pada 85,3% peserta dan partisipasi aktif naik 43,6%. Aktivitas berbasis kecerdasan linguistik, visual-spasial, musikal, dan interpersonal memberikan kontribusi terbesar. Penelitian ini menegaskan pentingnya reorientasi kurikulum bahasa Arab dengan pendekatan Multiple Intelligences untuk mengoptimalkan pembelajaran.
Copyrights © 2025