Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol. 5 No. 1 (2025): Al-Muarrib: Journal Of Arabic Education

Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Berbasis Multiple Intelligences di Markaz Arabiyah Pare

Salma, Ria Fauziah (Unknown)
Syarofit, Miqdarul Khoir (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas kurikulum bahasa Arab berbasis Multiple Intelligences di Markaz Arabiyah. Teori Howard Gardner yang mengemukakan delapan jenis kecerdasan dijadikan dasar pendekatan untuk mengakomodasi keragaman peserta didik. Penelitian menggunakan metode R\&D model ADDIE yang dilaksanakan selama satu tahun akademik, melibatkan 120 peserta didik dan 15 pengajar melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan tes, lalu dianalisis secara mixed-method. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan bahasa Arab sebesar 27,8% pada aspek menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Selain itu, motivasi belajar meningkat pada 85,3% peserta dan partisipasi aktif naik 43,6%. Aktivitas berbasis kecerdasan linguistik, visual-spasial, musikal, dan interpersonal memberikan kontribusi terbesar. Penelitian ini menegaskan pentingnya reorientasi kurikulum bahasa Arab dengan pendekatan Multiple Intelligences untuk mengoptimalkan pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

AL-MUARRIB

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Mu’arrib: Journal of Arabic Education is a multilingual (bahasa, arabic, english), peer-reviewed and specialized in arabic education and arabic studies. It’s published twice in a year since 2020 by Arabic Education Department, Faculty of Education, Syaikh Abdurrahman Siddik Islamic State ...