SUBSERVE: Community Service and Empowerment Journal
Vol. 3 No. 2 (2025): Juli 2025

PENANAMAN NILAI TOLONG MENOLONG DAN PANTANG MENYERAH PADA ANAK MELALUI DRAMA EDUKATIF “SI GAGAK YANG TIDAK TAKUT TERBANG”

Azizah, Annafi’ Nurul ‘Ilmi (Unknown)
Khoiriyah, Siti (Unknown)
Putri, Alya Arthamevia (Unknown)
Apriliyani, Siti Arrum (Unknown)
Khairani, Heriestia Salma Rizky (Unknown)
Rahmiati, Rahmiati (Unknown)
Inthaha, Anna Nadha Khilma (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2025

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menanamkan nilai tolong-menolong dan pantang menyerah pada anak usia dini melalui pementasan drama edukatif berjudul “Si Gagak yang Tidak Takut Terbang” di TK Kemala Bhayangkari 61 Pedan. Topik ini dipilih karena pentingnya pembentukan karakter sosial sejak dini, yang menjadi fondasi dalam perkembangan moral dan emosional anak. Kegiatan ini menggunakan metode partisipatif yang meliputi persiapan skenario, observasi karakteristik anak, pementasan drama, serta evaluasi melalui tanya jawab. Drama fabel dipilih sebagai media utama karena dekat dengan dunia imajinasi anak-anak dan mampu menyampaikan pesan moral secara menyenangkan dan interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme yang tinggi dari anak-anak, partisipasi aktif dalam kegiatan, dan pemahaman yang baik terhadap pesan moral yang disampaikan. Anak-anak mampu menjawab pertanyaan reflektif dengan benar serta menunjukkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai yang ditanamkan. Selain itu, penggunaan kostum dan properti dari bahan daur ulang turut mengasah kreativitas dan kepedulian lingkungan. Kegiatan ini menunjukkan bahwa drama edukatif dapat menjadi strategi efektif dalam membentuk karakter anak usia dini melalui pengalaman bermain peran yang menyenangkan dan bermakna. Oleh karena itu, pengintegrasian seni drama dalam proses pembelajaran anak usia dini sangat direkomendasikan untuk mendukung pengembangan karakter secara holistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SCSEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

SUBSERVE: Community Service and Empowerment Journal is concerned and published articles related to the practice and processes of community service and empowerment. Every article published is expected to provide insights and inspire activities elsewhere on related ...