Kurikulum merdeka dirancang untuk memberi fleksibilitas bagi satuan pendidikan untuk membuat kurikulum operasional satuan pendidkan yang kontekstual, agar pembelajaran yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik. Akan tetapi, kemampuan guru yang terbatas dalam mengembangkan bahan ajar, permasalahan ini membuat struktur kurikulum pada Kurikulum Merdeka Belajar tidak dapat tercapai akibat kurangnya kreatifitas dan inovasi guru dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk pengembangan media bahan ajar yang inovatif dan kreatif melalui pengembangan E-modul RME (Realistic mathematics education). Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan yang disajikan dalam E-Modul dengan Realistic Mathematics Education (RME) berbasis Pelajar Pancasila dari ketuntasan belajar siswa pada E-Modul dalam Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) karena penelitian akan mengembangkan pengembangan E-Modul dengan Realistic Mathematics Education (RME) berbasis Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka, model pengembangan ADDIE. Hasil persentase yang diperoleh dari respon uji coba kelompok kecil pada 6 siswa diperoleh rata-rata 23% yang menunjukkan kriteria sangat praktis serta ketuntasan siswa kelompok besar dengan jumlah 26 siswa diperoleh persentase rata-rata 81,4% dengan kriteria tuntas. Maka dapat disimpulkan bahwa E-Modul dengan Realistic Mathematics Education (RME) berbasis Pelajar Pancasila pada kurikulum merdeka praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika.
Copyrights © 2025