Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Vol. 4 No. 1 (2025): FEBRUARI

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PRAMUKA PRASIAGA UNTUK ANAK USIA DINI DI TK AL KAUTSAR SIDOLUHUR

Diana Putri, Melisa (Unknown)
Noormawanti, Noormawanti (Unknown)
Garianto, Garianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Pramuka Prasiaga merupakan salah satu bagian dari konsep pendidikan yang berfungsi untuk membentuk siswa sebagai manusia Indonesia yang memiliki karakter, yang diajarkan kepada anak dini atau PAUD yaitu 3-7 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kegiatan pramuka prasiga di TK Al Kautsar Sidoluhur dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat kegaiatn pramuka prasiaga di TK Al Kautsar Sidoluhur. Metode penelilitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan skunder, Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter melalui kegiatan pramuka prasiaga di TK Al Kautsar Sidoluhur memiliki dampak yang positif bagi anak usia dini baik ketika dirumah maupun ketika disekolah, hal ini menunjukan keberhasilan cara mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kegiatan pramuka prasiaga. Faktor pendukung kegiatan pramuka prasiaga diantaranya adalah, adanya antusiasme siswa, dukungan dari orangtua siswa serta keadaan lingkungan sekolah yang mendukung, sedangkan faktor penghambat kegiatan pramuka prasiaga di TK Al Kautsar Sidoluhur adalah kurangnya pemahaman dari guru, terbatasnya sarana dan prasarana, waktu pelaksanaan yang kurang fleksibel serta kurangnya pelatihan bagi guru dalam kegiatan pramuka prasiaga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

thufulah

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa is early childhood study journal, are articles of research results such as research and development, quantitative, qualitative, experiment, literature studies, application of theory, critical analysis studies, and islamic studies of childrens education in PAUD and ...