Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya masa pertumbuhan anak usia dini sebagai periode emas yang membutuhkan stimulasi tepat agar perkembangan optimal. Anak usia dini dikenal sebagai peniru aktif dari apa yang mereka lihat dan dengar, sehingga peran media pembelajaran menjadi sangat penting. Di TK Khodijah Metro Barat, media ajar yang digunakan guru dinilai belum memadai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan alat permainan edukatif berupa papan huruf lepas dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 25 anak di kelas B1 usia 5–6 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam mengenal huruf, dengan nilai akhir membaca sebesar 68 dan mengenal huruf sebesar 58. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan papan huruf lepas sebagai alat permainan edukatif dapat meningkatkan kemampuan literasi awal anak. Selain itu, hasil observasi menunjukkan bahwa media ini efektif diterapkan dalam pembelajaran karena menarik dan dapat divariasikan sesuai kebutuhan anak usia dini.
Copyrights © 2025