JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 11, No 1 (2025)

PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Juniasari, Nely (Unknown)
Fahrudin, Fadrik Adi (Unknown)
Nasrullah, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesiapan belajar dan prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar matematika siswa. Kesulitan dalam pembelajaran matematika umumnya disebabkan dari dalam diri siswa itu sendiri seperti kurangnya kesiapan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran serta tingginya tingkat prokrastinasi akademik yang pada akhirnya mempengaruhi hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis ex-post facto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumalh 127 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengukur kesiapan belajar dan  prokrastinasi akademik, serta tes tulis yang digunakan untuk menilai hasil belajar matematika siswa. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 22.  Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data memenuhi asumsi normalitas, tidak terjadi multikolinearitas dan heteroskedastisitas.  Uji F menunjukkan bahwa variabel kesiapan belajar dan prokrastinasi akademik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sementara itu secara parsial, kesiapan belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan, sedangkan untuk variabel prokrastinasi akademik  menunjukkan pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 0,146 menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut menjelaskan 14,6% variasi hasil belajar matematika siswa, sedangkan 85,% sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...