JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 11, No 1 (2025)

PENGEMBANGAN ESCAPE GAME DIGITAL BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KESADARAN BUDAYA PESERTA DIDIK

Aprilia, Nurul Badiatul Laili (Unknown)
Inganah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Pembelajaran matematika sering kali dianggap abstrak dan kurang kontekstual bagi peserta didik. Salah satu inovasi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis digital yang menarik dan relevan dengan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa escape game digital berbasis budaya lokal guna meningkatkan motivasi belajar dan kesadaran budaya peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah 31 peserta didik SMPN 22 Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan kuesioner tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dapat dikatakan valid menurut skor validator ahli dan dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan kesadaran budaya peserta didik dengan rata-rata persentase skor N-gain 72% dan 77%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...