Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa pendidikan matematika di Universitas Negeri Medan dalam menyelesaikan soal terkait sifat kelengkapan bilangan real dengan menggunakan Analisis Kesalahan Newman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tiga orang mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Analisis Real sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui tes pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan lima jenis kesalahan, yaitu: kesalahan membaca, kesalahan pemahaman, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan pengkodean. Kesalahan pemahaman dan transformasi merupakan jenis kesalahan yang paling sering terjadi. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami makna soal, membedakan antara supremum dan maksimum, serta menerapkan aksioma kelengkapan dengan tepat. Perbaikan ini terutama disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep dan kelancaran prosedur terkait sifat-sifat bilangan real. Penelitian ini merekomendasikan agar dosen lebih menekankan pada kejelasan konsep dan strategi pemecahan masalah yang terstruktur dalam pengajaran Analisis Real guna mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
Copyrights © 2025