Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya manajemen waktu dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri terutama di tengah padatnya aktivitas mereka di sekolah dan pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas hafalan Al-Qur’an santri program tahfiz di Asrama Putri Ar-Risalah Peterongan Jombang melalui penerapan manajemen waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan manajemen waktu yang dilakukan oleh santri program tahfiz di Asrama Putri Ar-Risalah meliputi menetapkan tujuan, menentukan prioritas, membuat jadwal, menghindari penundaan, meminimalisasi gangguan, dan evaluasi. (2) Kualitas hafalan Al-Qur’an santri program tahfiz di Asrama Putri Ar-Risalah dinilai sangat baik berdasarkan aspek kelancaran, tajwid, dan fasahah. (3) Peningkatan kualitas hafalan Al-Qur’an santri program tahfiz di Asrama Putri Ar-Risalah melalui penerapan manejemen waktu terjadi secara bertahap dan konsisten dari waktu ke waktu mulai tahap setoran harian, ujian tahfiz tiap semester, hingga ujian tasmi’ kelas akhir.
Copyrights © 2025