ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
Vol. 6 No. 2: Mei 2023

Peran Guru Dalam Perkembangan Kognitif Anak Di Tk Gkst Hosiana Rompo

Yuyun Tika (Unknown)
Dewi Rara Amiati (Unknown)
Muh. Asri Hente (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Guru Dalam Perkembangan Kognitif Anak Di TK GKST Hosiana Rompo. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap peran guru dalam perkembangan kognitif anak di TK GKST Hosiana Rompo yang terdiri dari 20 anak. Perkembangan Kognitif adalah suatu proses berfikir yaitu kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian kualitatif ini di peroleh dari sumber data yang di peroleh dari guru-guru yang mengajar di TK tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan peran guru dalam perkembangan konitif anak terlaksana masih kurang baik. Hal ini dapat dilihat ada kegiatan inti guru masih kurang memberikan contoh langkah-langkah dalam melakukan kegiatan perkembangan kognitif anak sehingga dapat mengingat atau mempraktekkannya dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ECEIJ

Publisher

Subject

Education

Description

Early Childhood Education Indonesian Journal (ECEIO adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi PG-PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu.Jurnal ini menerima tulisan ilmiah berupa laporan penelitian (Original article research paper) dengan focus dan ...