Journal Economic and Strategy (JES)
Vol 6 No 2 (2025): Edisi Juli 2025 - Desember 2025

Fenomena Fomo Dalam Live Tiktok: Analisis Pengaruh Interaksi Real-Time Terhadap Pembelian Impulsif

Rasyiddin, Ahmad (Unknown)
Rismanto, Caesar (Unknown)
Purnawan, Lesna (Unknown)
WAN, Ayi krisnha (Unknown)
Hasibuan, Rizki Mayandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaksi real-time dan Fear of Missing Out (FOMO) terhadap perilaku pembelian impulsif pengguna TikTok Live. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif melalui survei terhadap 100 responden berusia 17–30 tahun yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen penelitian telah memenuhi kriteria statistik. Pengujian asumsi klasik menyatakan bahwa data berdistribusi normal, bebas multikolinearitas, dan tidak terjadi heteroskedastisitas. Analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa interaksi real-time dan FOMO berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, baik secara simultan (uji F) maupun parsial (uji t). Koefisien determinasi sebesar 0,684 mengindikasikan bahwa kedua variabel independen mampu menjelaskan 68,4% variasi dalam perilaku pembelian impulsif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran berbasis interaksi langsung dan urgensi digital melalui TikTok Live sangat efektif dalam memicu keputusan pembelian spontan pada konsumen muda.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Journal Economic and Strategy (JES) merupakan wadah pubikasi ilmiah bagi dosen, mahasiswa, stakeholder serta pengamat ekonomi. Jurnal Journal Economic and Strategy (JES) diterbitkan dua kali dalam satu tahun yaitu Nomor 1 pada bulan Januari – Juni dan Nomor 2 pada bulan Juli – Desember. ...