JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI
Vol. 2 No. 4 (2025): Juli

Pengaruh Rating, Ulasan, dan FOMO terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Era Digital

Muhkroji, Muhkroji (Unknown)
Riyan Kurniawan (Unknown)
Naufal Muhammad Husen (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Informasi dari sesama pengguna seperti rating, ulasan, dan fenomena psikologis Fear of Missing Out (FOMO) menjadi faktor penting dalam membentuk persepsi konsumen terhadap suatu produk atau layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rating, ulasan, dan FOMO terhadap keputusan pembelian konsumen di era digital. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 70 responden pengguna e-commerce. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial hanya ulasan yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara rating dan FOMO tidak berpengaruh signifikan. Namun, secara simultan ketiga variabel tersebut terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menunjukkan pentingnya ulasan dalam memengaruhi minat beli konsumen digital, serta memberikan masukan bagi pelaku usaha untuk memperkuat aspek sosial dalam strategi pemasaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrme

Publisher

Subject

Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Mathematics Social Sciences

Description

JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRME) berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas pada ...