Literasi dan numerasi merupakan kemampuan dasar yang perlu ditingkatkan terutama pada jenjang sekolah dasar. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan minat literasi dan numerasi siswa melalui inovasi media pembelajaran berbasis digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan model partisipatif. Pendekatan partisipatif dilakukan dengan permainan ular tangga digital pada platform Genially dan dadu besar yang dibuat secara manual. Kegiatan penguatan literasi dan numerasi dilakukan dalam rangka program Kuliah di Luar Kampus (KDLK) selama dua bulan, terhitung sejak bulan April hingga Juni 2025. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di di SDN Nglebak, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang dengan melibatkan 28 siswa kelas V dalam proses pelaksanaannya. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah Service Learning (SL) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan yaitu dari 28 siswa terdapat 13 siswa (46%) yang menunjukkan minat terhadap literasi dan numerasi setelah implementasi inovasi media pembelajaran digital dibandingkan dengan tidak adanya siswa yang memiliki ketertarikan sebelum kegiatan implementasi berlangsung. Kegiatan pengabdian ini mengindikasikan bahwa inovasi media pembelajaran digital yang interaktif dan menyenangkan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar secara signifikan.
Copyrights © 2025