The purpose of this study is to determine the quality of electronic-based public services through the SIPADU application in realizing the smart village concept in Dangin Puri Kangin Village. The research method used is e-government quality. The results of this study indicate that the quality of the SIPADU application has been achieved quite well with achievements in the form of being able to provide convenience to the government and users, being able to foster a sense of trust and being able to provide a complete display and content. However, there are still shortcomings, namely that the application has not been consistently relied on by the community, the application is still not functioning optimally, and the government's supporting facilities for the application are still lacking. So through the assessment of these indicators, the smart village concept has not been perfectly achieved. The recommendations that can be given for these problems are the need to create mandatory rules for the use of the application, intensify socialization activities, and optimize supporting facilities for the application. Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik berbasis elektronik melalui aplikasi SIPADU dalam mewujudkan konsep smart village di Desa Dangin Puri Kangin. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas aplikasi SIPADU sudah tercapai cukup baik dengan pencapaian berupa sudah mampu memberikan kemudahan pada pemerintah dan pengguna, mampu menumbuhkan rasa percaya dan sudah mampu menyediakan tampilan dan isi yang lengkap. Namun masih ditemukan kekurangan yakni aplikasi belum diandalkan secara konsisten oleh masyarakat, aplikasi masih belum berfungsi secara maksimal, serta masih kurang maksimalnya fasilitas pendukung aplikasi oleh pemerintah. Sehingga melalui penilaian indikator tersebut maka konsep smart village belum dapat tercapai secara sempurna. Adapun rekomendasi yang dapat diberikan atas permasalahan tersebut adalah perlu dibuatnya aturan wajib untuk penggunaan aplikasi, menggencarkan kegiatan sosialisasi, dan pengoptimalan fasilitas penunjang aplikasi. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik Elektronik, SIPADU, Smart Village.
Copyrights © 2025