SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 9, No 4 (2025): Juli

Digitalisasi perangkat pembelajaran: pelatihan aplikasi quizizz untuk guru SMA Negeri 1 Eris

Aini, Mellyatul (Unknown)
Fitrianingrum, Aufa Maulida (Unknown)
Kurniahtunnisa, Kurniahtunnisa (Unknown)
Agustina, Tika Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

AbstrakTransformasi digital di dunia pendidikan saat ini menuntut guru untuk memiliki keterampilan dalam memanfaatkan teknologi guna meningkatkan efektivitas pembelajaran. Digitalisasi proses pembelajaran tersebut salah satunya yaitu pada proses evaluasi hasil pembelajaran. Tujuan dari pelatihan penggunaan aplikasi quizizz adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam proses belajar mengajar melalui pemanfaatan fitur-fitur interaktif yang disediakan oleh quizizz. Peserta pelatihan adalah guru SMA Negeri 1 Eris sebanyak 11 guru dan 2 staf tata usaha. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu persiapan, sosialisasi, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi. Pelatihan ini menggunakan teknik praktik secara langsung untuk memberikan pengalaman kepada guru mengenai penggunaan aplikasi quizizz untuk alat evaluasi pembelajaran. Hasil pelatihan ini menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan aplikasi quizizz, dibuktikan dengan hasil analisis N-Gain sebesar 0,85 dalam kategori tinggi dengan interpretasi sebesar 85,00% dalam kategori efektif. Pelatihan penggunaan aplikasi quizizz ini memberikan dampak pada keterampilan guru dalam menggunakan aplikasi quizizz sehingga mampu mengimplementasikan pembelajaran digital yang lebih interaktif, efisien, dan berbasis data. Peningkatan keterampilan digital guru tersebut berdampak pada peningkatan partisipasi siswa dan kualitas pembelajaran secara keseluruhan. Kata kunci: pelatihan; pembelajaran digital; quizizz; teknologi. Abstract Digital transformation in education today requires teachers to have the skills to utilise technology to improve learning effectiveness. One of the digitalisation of the learning process is the evaluation of learning outcomes. The purpose of the training on the use of the Quizizz application is to improve teachers' competence in integrating technology into the teaching and learning process through the utilisation of interactive features provided by Quizizz. The training participants were 13 teachers from SMA Negeri 1 Eris. The implementation of community service activities was carried out in several stages, namely preparation, socialisation, implementation, and evaluation of activities. Activities were conducted using lecture, question and answer, and demonstration methods. This training uses hands-on techniques to gave teachers experience in using the quizizz application for learning evaluation tools. The results of this training show an increased teacher skill in using the quizizz application, as evidenced by the variety of question and quiz designs that have been created. This training on the use of the quizizz application has an impact on teacher skills in using the quizizz application so that they are able to implement digital learning that is more interactive, efficient, and data-based. The improvement of teachers' digital skills has an effect on increasing student participation and the overall quality of learning. Keywords: training; digital learning; quizizz; technology.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...