Abstrak Kemampuan menggambar teknik merupakan salah satu keterampilan yang perlu dikuasai oleh guru teknik pemesinan, dimana saat ini aplikasi Autodesk Inventor merupakan salah satu aplikasi yang digunakan oleh dunia Pendidikan, bahkan dalam lomba kompetensi siswa. SMK Negeri 10 Semarang saat ini dalam proses pembelajaran masih menggunakan aplikasi Autocad, hal ini menjadi perhatian dikarenakan perbedaan penggunaan aplikasi pada umumnya. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru teknik mesin dalam menggambar menggunakan aplikasi dengan memberikan pelatihan sehingga dapat mengikuti perkembangan saat ini. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan participatory learning and action dimana proses pembelajaran yang memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang aplikasi Autodesk inventor yang kemudian praktik langsung menggunakannya, antara lain mulai dari persiapan, pelaksanaann, dan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan jumlah peserta sebanyak 16 guru produktif teknik pemesinan. Hasil dari pengabdian ini guru dapat meningkatkan kompetensi menggambar berbasis komputer dan juga guru dapat memberikan pembelajaran kepada siswa, yang mana berdasarkan hasil dari rata-rata pre test sebelum pelatihan dilaksanakan mendapatkan 60,83 sedangkan ketika dilakukan postest setelah pelaksanaan pelatihan didapatkan skor rata-rata nilai 81,88, hal ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman peserta meningkat 25,7%. Kata kunci: drafter enginering; CAD; inventor AbstractTechnical drawing skills are essential for machining engineering teachers, as they are expected to master industry-relevant tools. Currently, Autodesk Inventor is one of the widely adopted applications in education and is even used in student competency competitions. However, SMK Negeri 10 Semarang still uses AutoCAD in its learning process, which raises concerns due to the differing standards in software usage. This community service program aims to enhance the competency of machining teachers in technical drawing using Autodesk Inventor by providing targeted training to help them adapt to current developments. The implementation method follows a Participatory Learning and Action approach, in which participants gain theoretical knowledge of Autodesk Inventor and then engage in practical applications—including preparation, execution, and evaluation phases. The program involved 16 productive machining teachers. The results show that teachers improved their computer-aided drawing skills and were better equipped to deliver related instruction to students. Based on the assessment, the average pre-test score was 60.83, while the post-test score increased to 81.88, indicating a 25.7% improvement in participants’ understanding Keywords: drafter enginering; CAD; inventor
Copyrights © 2025