Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Vol. 10 No. 1 (2025): Januari: Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau

Pengembangan Instrumen Diagnostik Four-Tier Untuk Mengetahui Tingkat Pemahaman Konsep Siswa Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi

Yunita, Anis (Unknown)
Nasution, Hafni Indriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu instrumen tes diagnostik berformat four-tier yang layak dan valid digunakan dalam mengidentifikasi tingkat pemahaman konsep siswa kelas XI IPA pada pokok bahasan laju reaksi di SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Persiapan Stabat dengan pengambilan sampel melalui teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) mengacu pada model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan telah memenuhi kualifikasi baik Hasil uji coba reliabilitas menunjukkan angka reliabilitas sebesar 0,77 sehingga dapat digunakan dalam mengidentifikasi tingkat pemahaman konsep pada materi laju reaksi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPKUR

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti ...