Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Vol. 10 No. 1 (2025): Januari: Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau

Pengembangan Instrumen Evaluasi Menggunakan Wondershare Quiz Creator pada Pokok Bahasan Elektrokimia

Prayunli, Ranny (Unknown)
Haryati, Sri (Unknown)
Futra, Dedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas serta kelayakan soal-soal kimia pada pokok bahasan elektrolisis. Penelitian ini merupakan model pengembangan atau development research tipe formative research. Metode penelitian dan pengembangan ini dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk meneliti, merancang, memproduksi dan menguji validitas produk yang telah dihasilkan. Produk yang dimaksud dalam penelitian ini adalah soal kimia pada pokok bahasan elektrokimia.Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation). Sampel dalam penelitian, yaitu 13 siswa kelas XII MIPA 4 di SMA Negeri 6 Pekanbaru, dan 10 siswa kelas XII MIA 1 di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Hasil penelitian memberikan produk akhir berupa 30 soal yang baik darirancangan awal produk 15 butir. Dikatakan baik karena telah valid dan memiliki nilai reliabilitas 0,862 dengan kategori sangat tinggi. Daya pembeda diperoleh soal diterima 20 butir soal. Pengolahan data uji cobakepada peserta didik diperoleh persentase rata-rata seluruh pertanyaan adalah 92,60%. Tabulasi pengolahan data tiga orang validasi praktisi tersebut mendapatkan persentase sebesar 94,00%. Uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa soal kimia pada pokok bahasan elektrokimia memiliki kualitas soal yang baik dan praktis serta layak digunakansebagai instrumen penilaian hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPKUR

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti ...