Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketrampilan kerja sama siswa introvert kelompok pramuka penggalang ditinjau dari pelaksanaan kegiatan permainan kepramukaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Sumber data penelitian adalah 2 orang guru sebagai pembina pramuka dan 81 siswa penggalang melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan menggunakan konsep Miles and Huberman dengan tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan kepramukaan terlaksana dengan baik, terstruktur, dan dirancang secara matang dengan komponen tujuan kegiatan, materi yang akan disampaikan, metode, alat dan media yang digunakan, serta evaluasi hasil kegiatan. Kegiatan ini didukung media yang sesuai kebutuhan siswa, termasuk siswa introvert, serta melibatkan guru pembina secara aktif sehingga mampu membentuk interaksi sosial positif dan keterampilan kerja sama siswa secara efektif. 2) Kegiatan pramuka berperan penting dalam meningkatkan keterampilan kerja sama siswa, terutama yang introvert pada aspek sikap, percaya diri, empati, kontrol diri, tanggung jawab. Melalui berbagai permainan kelompok, siswa introvert mengalami perkembangan dalam partisipasi, kepercayaan diri, empati, dan kesadaran akan kerja sama, menjadikan Pramuka sebagai sarana pembelajaran sosial yang efektif dan inklusif.
Copyrights © 2025