Abstrak; Permasalahan pembelajaran saat ini adalah ketidakselarasan antara kegiatan pembelajaran dengan hasil pembelajaran yang diinginkan. Kurangnya pemanfaatan media belajar terutama berbasis digital, mempengaruhi motivasi belajar dan kurang maksimalnya hasil belajar siswa sehingga siswa memerlukan penunjang kegiatan pembelajaran berupa media yang komunikatif dan menyenangkan dengan bantuan perkembangan teknologi. Berdasarkan masalah tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan dan menyiarkan dampak media Wordwall berbasis TPACK terhadap hasil belajar siswa di kelas IPA V di SDN Srondol Kulon 02 Semarang. Sebanyak 24 anak di kelas V di SDN Srondol Kulon 02 menjadi subjek penelitian ini. Jenis penelitian ini dikenal sebagai penelitian Penelitian dan Pengembangan. Metode tes, angket, observasi, dan dokumentasi di kelas yang diuji semuanya digunakan dalam proses pengumpulan data. Tes soal-soal berfungsi sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Menurut temuan penelitian, penggunaan media Wordwall di kelas IPAS yang melibatkan konten jaring-jaring makanan secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas V di SDN Srondol Kulon 02 Semarang ditemukan dengan peningkatan media Wordwall berbasis TPACK. Implikasi penelitian yaitu penerapan media Wordwall berbasis TPACK dapat membantu mengatasi masalah belajar siswa dengan mudah dan murah dalam penerapannya dan menuntut kemampuan untuk menjalankan laptop dan perangkat lain dengan benar serta kondisi jaringan yang stabil. Kata kunci: Media Wordwall; Hasil Belajar; IPA Abstrak; Permasalahan pembelajaran saat ini adalah belum selarasnya antara kegiatan pembelajaran dengan capaian pembelajaran yang diharapkan. Minimnya pemanfaatan media pembelajaran khususnya yang berbasis digital berdampak pada motivasi belajar dan kurang optimalnya hasil belajar siswa sehingga siswa membutuhkan kegiatan pembelajaran yang mendukung berupa media yang komunikatif dan menyenangkan dengan bantuan perkembangan teknologi. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan dan menyebarluaskan dampak media Wordwall berbasis TPACK terhadap hasil belajar siswa kelas IPA V di SDN Srondol Kulon 02 Semarang. Sebanyak 24 anak kelas V di SDN Srondol Kulon 02 menjadi subjek penelitian ini. Jenis penelitian ini dikenal dengan penelitian Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi di kelas yang diujikan. Soal-soal tes berfungsi sebagai instrumen pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media Wordwall pada kelas IPA materi jaring-jaring makanan secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas V SDN Srondol Kulon 02 Semarang didapatkan peningkatan dengan penggunaan media Wordwall berbasis TPACK. Implikasi dari penelitian ini adalah penerapan media Wordwall berbasis TPACK dapat membantu mengatasi kendala belajar siswa dengan mudah dan murah dalam penerapannya serta memerlukan kemampuan menjalankan laptop dan perangkat lainnya dengan baik serta kondisi jaringan yang stabil. Kata Kunci : Wordwall Media; Hasil Pembelajaran; Sains
Copyrights © 2025