Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 5, No 1 (2025): Juli

Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV

Asriana, Asriana (Unknown)
Syahrul, Muhammad (Unknown)
Martini, Martini (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV di MIN 2 Jeneponto, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Akidah Akhlak berperan sebagai pendidik, pembimbing, motivator, dan evaluator dalam membentuk karakter siswa. Guru menanamkan nilai-nilai karakter seperti religius, jujur, disiplin, dan tanggung jawab melalui keteladanan, pembiasaan, serta pendekatan personal dan spiritual. Faktor pendukung antara lain dukungan sekolah dan lingkungan religius, sedangkan faktor penghambat meliputi latar belakang keluarga dan kurangnya motivasi siswa. Pembahasan menunjukkan bahwa peran guru sangat signifikan dalam membentuk karakter mulia peserta didik, yang tidak hanya ditanamkan dalam pembelajaran formal, tetapi juga melalui interaksi sehari-hari. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter peserta didik sangat dipengaruhi oleh peran aktif guru sebagai teladan dan pembina akhlak. Siswa mengalami penguatan nilai-nilai seperti religius, jujur, disiplin, dan tanggung jawab melalui keteladanan dan pendekatan personal guru. Guru pun terdorong untuk terus meningkatkan kompetensinya dalam mendidik dan membimbing siswa secara holistik. Selain itu, orang tua dan lingkungan sekolah mulai lebih sadar akan pentingnya peran mereka dalam mendukung pembentukan karakter melalui keterlibatan dalam kegiatan keagamaan dan sosial

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...