Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 5, No 1 (2025): Juli

Pengaruh Media Flash Card Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV

Satriani Dh, Satriani Dh (Unknown)
Muliadi, Muliadi (Unknown)
Musldalifah, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Flash Card terhadap peningkatan hasil belajar IPAS Siswa kelas IV SD Inpres 3/77 Pattiro Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest. Variabel dalam penelitian ini adalah media Flash Card dan hasil belajar IPAS. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Inpres 3/77 Pattiro dengan sampel sebanyak 20 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar IPAS siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Flash Card. Berdasarkan hasil analisis statistik I              nferensial menggunakan uji paired samples test menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 20.914 > ttabel sebesar 1.72913. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Flash Card pada siswa kelas IV SD Inpres 3/77 Pattiro Kecamatan Mare Kabupaten Bone 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...