Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 15 No. 03 (2026): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (Desember 2026)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI VFD (VARIABLE FREQUENCE DRIVE) BERBASIS CX-PROGRAMMER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK DI SMK NEGERI 1 SIDAYU

Wardana, Fito Arya (Unknown)
Achmad, Fendi (Unknown)
Kholis, Nur (Unknown)
Rusimamto, Puput Wanarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran praktik sistem kendali motor listrik di SMK menunjukkan bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep kerja Variable Frequency Drive ,khususnya dalam aspek keterampilan psikomotorik. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan media praktik yang representatif terhadap kondisi industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis simulasi Variable Frequency Drive yang terintegrasi dengan perangkat lunak CX-Programmer guna meningkatkan keterampilan psikomotorik peserta didik pada kompetensi instalasi motor listrik di SMK Negeri 1 Sidayu, Gresik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development dengan model pengembangan terstruktur. Media dirancang menyerupai kondisi sistem kendali industri agar peserta didik dapat belajar secara interaktif dan aplikatif. Uji validitas dilakukan oleh tiga ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran, yang menghasilkan nilai validasi sebesar 92% dan termasuk dalam kategori sangat valid. Kepraktisan media diuji melalui penyebaran angket kepada peserta didik setelah penggunaan media, dengan rata-rata skor 86%, dikategorikan sangat praktis. Efektivitas media dianalisis menggunakan one-sample t-test, dengan nilai signifikansi 0,001 kurang dari 0,05, yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap keterampilan psikomotorik peserta didik setelah menggunakan media. Dengan demikian, hasil penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis simulasi Variable Frequency Drive dengan dukungan CX-Programmer terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan psikomotorik siswa. Media ini layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran berbasis teknologi industri di SMK dan berpotensi mendukung pencapaian kompetensi secara optimal sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini.

Copyrights © 2026






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-teknik-elektro

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) merupakan jurnal yang dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya untuk membantu para akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarkan hasil penelitiannya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) adalah jurnal blind ...