PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya
Vol. 20 No. 01 (2025)

ANIMASI EDUKATIF CANVA: INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII MTS AL BUKHARI MUSLIM MEDAN

Luthfiyah, Annisa (Unknown)
Rambe, Riris Nurkholidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu kompetensi penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama dalam penulisan teks cerita fantasi. Namun, rendahnya minat siswa dan penggunaan media pembelajaran yang monoton menyebabkan hasil belajar menulis siswa masih tergolong rendah. Penelitianl ini bertujuanl untuk mengembangkanl media video animasi berbasis aplikasil Canva untukl meningkatkan keterampilanl menulis peserta didikl kelas VII MTs Al Bukhari Muslim Medan. Metodel yang digunakanl dalam penelitianl ini adalahl research andl development (lR&D) denganl model pengembanganl 4D yangl mencakup tahapl define, ldesign, development, danl disseminate. Subjek penelitian terdiri dari 20 peserta didik kelas VII, yang berlokasi di MTs Al Bukhari Muslim Medan. Instrumen penelitian meliputi lembar angket validasi ahli media, ahli bahasa, ahli materi, respon guru, dan respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi media mendapat skor capaian 90% dengan kategori ”sangat valid”, validasi ahli bahasa mendapat skor capaian 96% dengan kategori ”sangat valid”, dan validasi oleh ahli materi mendapat skor capaian 97% dengan kategori ”sangat valid”. Kepraktisan penggunaan media video animasi berbasis aplikasi Canva memperoleh skor persentase 98% dengan kategori ”sangat praktis”, respon peserta didik terhadap media video animasi berbasis aplikasi Canva memperoleh skor persentase 94% dengan kategori ”sangat baik”. Hasill penelitian menunjukkanl adanya peningkatanl yang signifikanl dalam keterampilan menulis lpeserta didik, dengan lrata-ratal nilai post-testl mencapai 86,75% setelah penggunaan media, dibandingkan dengan nilai pre-test yang hanya 65,5%. Temuan ini menunjukkan bahwa media videol animasi berbasisl aplikasi Canval efektif dalam meningkatkanl motivasi danl hasil belajarl peserta didik dalaml menulis teks fantasi. Kesimpulan Media video animasi berbasis Canva efektif meningkatkan keterampilan menulis teks fantasi siswa. Media ini juga membantu pemahaman materi dan mendorong siswa menulis secara kreatif. Karena itu, penggunaan Canva sangat disarankan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PRASI

Publisher

Subject

Education

Description

PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is a scientific open-access, peer-reviewed bilingual journal published by the Faculty of Language and Art, Universitas Pendidikan Ganesha. PRASI is a fully refereed academic research journal that aims to spread original, theoretical and practical ...