Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 2 (2024): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini

KAJIAN SISTEMATIS TEKNIK KONSELING STORYTELLING UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS USIA DINI : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Ubaidillah, Muhammad (Unknown)
Utami, Ratna Tri (Unknown)
Pranatha, Hananda Fitra (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji secara sistematis perkembangan penelitian mengenai penggunaan teknik Storytelling dalam konseling bagi anak berkebutuhan khusus usia dini. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis 33 artikel ilmiah yang diperoleh dari database Scopus. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak Vosviewer untuk memetakan hubungan antar topik dan tren yang muncul dalam literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa teknik konseling berbasis Storytelling efektif dalam mendukung perkembangan sosial, emosional, dan kognitif anak berkebutuhan khusus. Tren penelitian menunjukkan peningkatan signifikan sejak tahun 2016, meskipun terdapat fluktuasi minat di antara peneliti. Storytelling dinilai sebagai pendekatan yang fleksibel dan adaptif, sehingga berpotensi dikembangkan lebih lanjut sebagai metode konseling yang inklusif. Keterbatasan penelitian ini terletak pada sumber data yang hanya berasal dari Scopus. Oleh karena itu, studi selanjutnya disarankan untuk menggunakan database internasional lain seperti Web of Science dan Dimensions Scholars.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...