Penelitian ini bertujuan mengkaji secara sistematis perkembangan penelitian mengenai penggunaan teknik Storytelling dalam konseling bagi anak berkebutuhan khusus usia dini. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis 33 artikel ilmiah yang diperoleh dari database Scopus. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak Vosviewer untuk memetakan hubungan antar topik dan tren yang muncul dalam literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa teknik konseling berbasis Storytelling efektif dalam mendukung perkembangan sosial, emosional, dan kognitif anak berkebutuhan khusus. Tren penelitian menunjukkan peningkatan signifikan sejak tahun 2016, meskipun terdapat fluktuasi minat di antara peneliti. Storytelling dinilai sebagai pendekatan yang fleksibel dan adaptif, sehingga berpotensi dikembangkan lebih lanjut sebagai metode konseling yang inklusif. Keterbatasan penelitian ini terletak pada sumber data yang hanya berasal dari Scopus. Oleh karena itu, studi selanjutnya disarankan untuk menggunakan database internasional lain seperti Web of Science dan Dimensions Scholars.
Copyrights © 2024