Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 2 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini (In Press)

Penerapan Bermain Peran (Role Play) terhadap Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun di KB PKK Al-Huda Ngadireso

Muslikhah, Muslikhah (Unknown)
Anggraini, Henny (Unknown)
Rahayunita, Cicilia Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap perkembangan kemampuan bahsa anak usia 3-4 tahun di KB PKK AL-HUDA NGADIRESO. Metode bermain peran merupakan strategi pembelajaran yang memungkinkan anak untuk mengekspresikan diri melalui dialog dan interaksi sosial dalam konteks permainan yang menyenangkan. Penelitian menggunakan pendekatan PTK kualitatif dengan tekhnik observasi, wawancara, dokumentasi terhadap 13 anak didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bermain peran secara signifikan meningkatkan kemampuan berbicara, mendengar dan memahami kosakata anak. Anak-anak menunjukkan peningkatan dalam keberanian berkomunikasi, ekspresi verbal yang lebih jelas, dan kemampuan berinteraksi sosial yang lebih baik. Metod ini terbukti efektif karena menciptakan lingkungan belajar yang alami dan menyenangkan, sehingga anak tidak merasa tertekan dalam proses pembeajaran bahasa. Disimpulkan bahwa bermain peran dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan kemampuan bahasa pada anak usia dini. Bahasa pada anak usia dini merupakan aspek frunda mental yang mempengaruhi keseluruhan proses pembelajaran dan sosial anak. Anak usia 3-4 tahun berada pada periode kritis perkembangan bahsa dimana mereka mulai mengembangkan kosakata, struktur kalimat, dan kemampuan komunikasi yang kompleks. Pada tahap ini anak emngalami ledakan bahasa (langue exsplosion) dengan penambahan kosa kata hingga 1000-2000 kata dan mulai mampu Menyusun kalimat sederhana. Namun, masih banyak ditemukan anak yang mengalami keterlambatan dalam perkembangan bahasa, terutama dalam aspek eskpresi dan pemahaman kontekstual. Bermain peran (role play) diidentifikasi sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif dalam merangsang perkembangan bahasa anak karena memberikan konteks nyata dan meaningful untuk praktik berbahasa, sekaligus mengintegrasikan aspek kognitif, dan emosional dalam proses pembelajaran. THE IMPLEMENTATION OF ROLE PLAY ON LANGUAGE DEVELOPMENT OF 3-4 YEARS OLD CHILDREN AT KB PKK AL-HUDA NGADIRESO  This study aims to analyze the effect of implementing role play methods on the language development of 3-4 years old children at KB PKK AL-HUDA NGADIRESO. Role play methods is a learning strategy that allows children to ekspress themselves through dialogue and social interaction in the context of enjoyable games. The research used a qualitative approach with observation, interview, and documentation techniques on 20 students. The results showed that the implementation of role play significantly improved children’s speaking, listening, and vocabulary comprehension abilities. Children demonstrated improvements in communication courage, clearer verbal expression, and better social interaction skills. This method proved effective as it created a natural and enjoyable learning environment, so children did not feel pressured in the language learning process. It is concluded that role play can serve as an appropriate alternative learning method to optimize language development in early childhood. Language in early childhood is a fundamental aspect that influences the overall learning and social processes of children. Children aged 3-4 years are in a critical period of language development where they begin to develop vocabulary, sentence structure, and complex communication abilities. At this stage, children experience a language explosion with vocabulary additions of up to 1000-2000 words and begin to be able to construct simple sentences. However, many children are still found to experience delays in language development, especially in aspects of expression and contextual understanding. Role play is identified as one of the effective learning methods in stimulating children's language development because it provides real and meaningful contexts for language practice, while integrating 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...