Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 3 (2025): July - September 2025

Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Selafia, Selafia (Unknown)
Suripah, Suripah (Unknown)
Wahyuni, Astri (Unknown)
Wahyuni, Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah khususnya pada mata pelajaran matematika berdampak pada nilai matematika siswa yang masih banyak di bawah Kriteria Kekuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Quasi Eksperimental Design. Desain dalam penelitian ini menggunakan Nonequivalet Control Group Design. Pada penelitian ini yang menjadi populasinya adalah siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pinggir. Sampel penelitian yaitu siswa kelas Xb sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas Xa sebagai kelas kontrol dan jumlah sampel masing-masing kelas adalah 31 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial. Dimana data akan di uji normalitas melnggunakan uji shapiro-wik kemudian di uji homogenitas menggunakan uji levene. Setelah ujiĀ  prasyarat terpenuhi maka dilanjutkan dengan uji hipotelsis menggunakan uji independent sampel test. Berdasarkan hasil pelnellitian dan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh nilai Sig.(2-taileld) sebesar 0.000 untuk post-telst kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi, jika nilai Sig.(2-taileld) < 0.05 maka H1 diterima, belarti terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan delmikian, dapat disimpulkan terdapat Pengaruh signifikan modell Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pelnellitian ini melnunjukan bahwa penerapan modell PjBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...