Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 3 (2025): PRAXIS

Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Melalui Mata Pelajaran Sejarah Di MAN 19 Jakarta

Hendi Irawan (Unknown)
Faishal Sultan Bagaskara (Unknown)
Ibnu Habib Alwahid (Unknown)
Ninda Lutfianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Karya tulis ilmiah merupakan representasi dari hasil ide dan pemikiran kreatif yang disusun secara sistematis dengan landasan ilmiah bersumber pada ilmu pengetahuan. Sejalan dengan narasi sebelumnya, mata pelajaran sejarah yang saat ini sebagian besar masih dianggap pelajaran yang membosankan dapat membuktikan bahwasannya pernyataan seperti itu tidaklah benar. Salah satu bentuk upaya mengubah perspektif negatif mata pelajaran sejarah adalah dengan bentuk hasil karya tulis ilmiah yang disusun secara sistematis menghasilkan perspektif objektif dalam peristiwa sejarah sekaligus memberikan pengalaman kontekstual bagi peserta didik. Tujuan dilakukannya PkM dalam bentuk pelatihan penulisan karya tulis ilmiah di MAN 19 Jakarta untuk memberikan dorongan peserta didik agar produktif untuk menulis khususnya dalam menginterpretasikan peristiwa sejarah. Oleh karena itu, pelatihan ini dianggap penting khususnya dalam bidang pengembangan akademik agar peserta didik dapat memahami segala sesuatu berdasarkan aspek rasional. Pelatihan dalam kegiatan PkM dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, demostrasi, diskusi interaktif dan pembimbingan (coaching clinic). Untuk lokasi PkM tim bekerja sama dengan pihak MAN 19 Jakarta sebagai Mitra PkM dan Guru mata pelajaran Sejarah sebagai ojek atau tema dari pelatihan penulisan karya tulis ilmiah ini. Adapun durasi pelaksanaan kegiatan pelatihan ini selama 180 menit berikut dengan praktik penulisan yang dibagi menjadi 2 sesi. Berdasarkan hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat di MAN 19 Jakarta mengenai pelatihan penulisan karya tulis ilmiah dapat ditarik kesimpulan bahwa, peserta didik dan tenaga pendidik merasa terbantu meningkatkan pengetahuan mengenai metode dan teknik penulisan karya tulis ilmiah. Ketercapaian tujuan pelatihan ini dapat tercermin dari respon para peserta yang antusias dan terkesan jika kegiatan ini bermanfaat dalam meningkatkan kompentensi menulis peserta didik khususnya dalam bidang mata pelajaran sejarah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

praxis

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

The term community service refers to activities that utilize relevant science and technology to advance the welfare of the community and educate the nations life. This journal publishes articles with topics such as theoretical innovations or methods or strategies for implementing community service ...