Perkembangan teknologi informasi semakin maju dan mendorong pembaharuan dalam proses pembelajaran, terutama di masa pasca pandemi yang menuntut bagi pendidik untuk bisa berinovasi dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik. Khususnya di mata kuliah metode numerik pada mahasiswa prodi Teknik Industri UNIPMA. Pada saat pembelajaran daring berlangsung muncul permasalahan yaitu mahasiswa tidak ada perhatian dan berpartisipasi aktif serta kurangnya motivasi untuk belajar. Hal tersebut disebabkan karena materi yang disajikan terlalu monoton dan kurangnya media visual yang menarik. Faktor keterlibatan mahasiswa merupakan indikator penting untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran daring, yang berkorelasi langsung dengan pencapaian hasil belajar. Banyak beredar platform desain grafis yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang bersifat visual, salah satunya adalah canva. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan data sekunder yang diperoleh dari Sumber data menggunakan pencarian kajian literatur bersumber dari Research Gate dan Google Scholar (2023-2025). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital berbasis Canva yang dirancang secara pedagogis dan kontekstual, serta mengevaluasi dampaknya terhadap peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran daring. Hasil dari penelitian dapat menjadikan kontribusi nyata dalam pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif, inklusif, dan adaptif terhadap kebutuhan generasi digital saat ini. Hasil akhir menunjukkan bahwa aplikasi Canva efektif dimanfaatkan sebagai media pembelajaran digital yang kreatif, inovatif dan kolaboratif, sehingga dapat membantu pendidik dalam penyampaian materi dan memudahkan peserta didik untuk memahami materi pembelajaran yang dilakukan secara daring.
Copyrights © 2025