Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi “pengukuran” melalui pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dengan model Problem Based Learning (PBL) di MI Al-Ikhlas Banjargondang 1 Kelas II. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian, penerapan kedua pendekatan ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dengan memperoleh peningkatan hasil belajar pada siklus 1 sebesar 58,33% menjadi 87,50% pada siklus II. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 68,75 pada siklus I menjadi 89,55 pada siklus II, yang menunjukkan bahwa lebih banyak siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Hal ini mengindikasikan bahwa pendekatan TaRL dengan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa secara signifikan. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan TaRL dan PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran pada kelas II di sekolah dasar, khususnya di MI Al-Ikhlas Banjargondang 1.
Copyrights © 2025