Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran Blooket pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas XI SMA Negeri 1 Palembang. Subjek penelitian peserta didik kelas XI.11. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan, yang masing-masing mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, berdasarkan model PTK Kurt Lewin. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dari kondisi awal yang rendah menjadi 93% pada akhir siklus II. Sejalan dengan itu, persentase ketuntasan hasil belajar meningkat dari 47% pada pra-siklus menjadi 95% pada siklus II. Data dianalisis secara deskriptif komparatif dan disajikan dalam bentuk persentase. Penelitian ini juga menekankan keterlibatan aktif peneliti dalam proses pembelajaran serta kerja sama dengan guru sebagai observer. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Blooket sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2025