Kemampuan membaca merupakan salah satu keterampilan dasar yang sangat penting bagi siswa sekolah dasar, khususnya pada jenjang kelas 2. Pada usia ini, siswa sedang berada dalam tahap perkembangan literasi awal, yang memerlukan pendekatan yang kreatif dan menarik untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku cerita bergambar berbasis permainan tradisional untuk pembelajaran membaca siswa kelas II SDN 40 Cakranegara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono yang meliputi sepuluh tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Subjek uji coba dalam penelitian ini meliputi dua ahli (ahli media dan ahli materi), satu guru kelas II, serta siswa kelas II dalam uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase kevalidan sebesar 95%, dan validasi ahli materi sebesar 93%, keduanya berada pada kategori "sangat valid". Respon guru terhadap kepraktisan media memperoleh nilai sebesar 92%, sedangkan hasil uji coba kelompok kecil pada 10 peserta didik dan uji coba kelompok besar pada 15 peserta didik masing-masing memperoleh rata-rata persentase 90% dan 91%, yang termasuk dalam kategori "sangat praktis". Berdasarkan tujuan dan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar berbasis permainan tradisional untuk pembelajaran membaca siswa kelas II dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025