Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh model Case Based Learning (CBL) terhadap literasi sains biologi siswa kelas x SMA Negeri 1 sekotong Lombok Barat. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian adalah kelas X-D dan kelas X-B SMAN 1 Sekotong. Literasi sains biologi diukur menggunakan instrumen soal Tes/essay sebanyak 5 soal berdasarkan indikator literasi sains. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis kovarian dengan uji asumsi klasik yakni uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model CBL terhadap literasi sains biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sekotong dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < taraf signifikansi 0,05. Nilai rata-rata terkoreksi kelas eksperimen adalah 67,431 lebih besar dari kelas kontrol yakni 64,846. Hasil perhitungan N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 49% daripada kelas kontrol sebesar 47%.
Copyrights © 2025