Al-Irsyad: Journal of Education Science
Vol 4 No 2 (2025): Juli 2025

PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS X

Al-Hafizha, Annisa (Unknown)
Rohati, Rohati (Unknown)
Pasaribu, Feri Tiona (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan computational thinking siswa yang masih rendah dalam pembelajaran matematika. Rendahnya integrasi keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran konvensional menjadi dasar dikembangkannya E-LKPD berbasis Problem Based Learning untuk mendukung peningkatan computational thinking siswa kelas X Pengembangan E-LKPD mengikuti model ADDIE, uji coba kelompok kecil dilakukan pada kelas X E.5 (9 siswa) dan Uji coba kelompok besar pada X E.1 (36 siswa). Validasi dilakukan oleh ahli desain dan materi, serta uji kepraktisan oleh guru dan siswa. Instrumen pengumpulan data meliputi angket, wawancara, dan tes CT, penelitian ini menganalisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas E-LKPD secara kualitatif dan kuantitatif. Untuk Desain visual dari E-LKPD ini dibuat menggunakan Canva, sedangkan implementasinya melalui platform Wizer.me. E-LKPD ini memuat langkah-langkah PBL dan indikator computational thinking, yaitu dekomposisi, abstraksi, identifikasi pola, dan berpikir algoritmik. Validasi isi oleh ahli memperoleh skor 98,2% (sangat valid), dan validasi desain sebesar 75,8% (valid). Hasil kepraktisan dari guru dan siswa masing-masing sebesar 88,2% dan 85,33% (sangat praktis). Efektivitas diukur melalui pretest dan posttest keterampilan computational thinking, menghasilkan skor N-Gain sebesar 0,82 yang termasuk kategori tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan computational thinking siswa melalui pembelajaran matematika yang aktif, kontekstual, dan menarik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jse

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Irsyad: Journal of Education Science (AIJES), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan Ilmu Pendidikan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...