Gunung Djati Conference Series
Vol. 54 No. 3 (2025): Mathematics Education on Research Publication (MERP) III

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif

Auliarahmah, Resma Ali (Unknown)
Nuraida, Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2025

Abstract

Kemampuan siswa untuk mendalami dan menguasai konsep matematika secara efektif disebut pemahaman konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai seberapa baik siswa dapat memahami konsep matematika ketika mereka menggunakan model pembelajaran kooperatif. Pemahaman konsep ini merupakan komponen penting dalam pendidikan yang harus diperhatikan dengan serius. Studi menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman matematis siswa. Studi telah menunjukkan bahwa berbagai strategi, seperti Divisi Prestasi Tim Siswa (STAD), Think Talk Write (TTW), dan Two Stay Two Stray (TS-TS), efektif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa. Studi ini menganalisis penelitian yang dilakukan antara tahun 2019 hingga 2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tidak hanya meningkatkan pemahaman akademik, tetapi juga keterampilan sosial siswa, sehingga metode ini sangat direkomendasikan untuk memperkuat pemahaman matematika.

Copyrights © 2025